Kalender

Jam

Senin, 07 Mei 2012

Program Perulangan Sederhana Pada Delphi

Ini merupakan tutorial sederhana pada delphi, yaitu program tentang perulangan dengan menggunakan for to do dan for downto do. Ayo mari kita mulai untuk membuat programnya, tapi jangan lupa kita harus punya delphinya dulu ya kalau ga punya gimana mau buatnya ^_^. Oke kita langsung buka delphinya, saya menggunakan delphi 7 dalam pembuatan program ini jika belum punya download sajalah :D.
  • Pertama tambah button sebanyak 6 buah yang ada pada tab standard bisa dengan cara di drag atau bisa di click double dan susun menjadi seperi susunan seperi gambar dibawah, dan jangan lupa ganti caption button disini saya mengganti captionnya seperti digambar.
  • Kembali lagi ke tab standard tambahkan 2 buah edit dan jika sudah cari text lalu kosongkan saja lalu susun sehingga seperti gambar.
  • Jika sudah, sekarang masih di tab standard tambahkan memo dan biarkan semua menjadi default dan atur ukuran menjadi seperti ini.
  • Oke lanjut ketahap berikutnya, kali ini kita pindah tab yaitu ke tab dialogs, cari colordialog dan tambahkan, nah kalau ini posisinya terserah mau dimana karena ini bukan untuk ditampilkan icon nya tetapi untuk dipakai memanggil warna nantinya.
  • Click double pada button FOR TO DO, dan masukkan script berikut,

var i,j : integer;
begin
memo1.Clear;
i := StrToint (edit1.Text);
for j := 1 to StrToint(edit2.Text)do
begin
memo1.Lines.add('ulang ke : '+Inttostr(j)+'='+inttostr(i));
i := i+1;
end

  • Berikutnya pada button FOR DOWNTO DO, masukkan script berikut,
var i,j,k: integer;
begin
memo1.Clear;
k :=StrToInt(edit1.text);
j := 1;
for i := StrToInt(edit2.Text)downto j do
begin
memo1.Lines.Add('ulang ke : '+ IntToStr(j)+'='+IntToStr(k));
k := k-1;
j := j+1;
end;
  • Pada button ganti warna tambahkan script ini,
if colordialog1.Execute then
form1.color := colordialog1.Color;
  • Dan yang terakhir yaitu button keluar, tinggal tambahkan dengan close; dan program siap untuk dijalankan :D, oh iya atur form menjadi lebih kecil tinggal di geser sesuai selera. Dan hasil program ini seperti gambar dibawah ini:

Semoga bisa berguna dan mudah dimengerti jika ada kesalahan atau yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar, keep blogging happy coding ^_^v.

0 komentar

Posting Komentar